» » » Kunjungan Tim Monev Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri di PLBN Entikong, Ini Tujuannya

Kunjungan Tim Monev Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri di PLBN Entikong, Ini Tujuannya

Penulis By on Jumat, 19 Maret 2021 | No comments


Polres Sanggau - Tim Monev Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol FX. Arendra Wahyudi, S.I.K melaksanakan kunjungan kerja ke Perbatan Entikong.
 
Beliau menjelaskan, Tim Divisi hubungan internasional datang ke PLBN Entikong. Khususnyanya untuk melaksanakan monitoring evaluasi pengelolaan keamanan wilayah perbatasan dan batas negara yang ada di Entikong sendiri.
 
“Dengan unsur-unsur terkait yang ada di PLBN dan jajaran TNI-Polri yang ada di sini kita bisa berusaha untuk mengidentifikasi kendala ataupun tantangan kedepan yang dihadapi sebelum masa pandemi seperti apa, Dengan adanya pandemi ada timbul dinamika seperti apa,” ucapnya.
 
Kombes Pol FX. Arendra Wahyudi menjelaskan, kita berusaha untuk menemukankan sebuah konsep yang berintegrasi ataupun kerja sama antar fungsi pengelola sini yang ideal lah karena merupakan prioritas pemerintah juga untuk kita penguatan perbatasan baik yang di PLBN maupun yang di wilayah sekitar.
 
Permasalahan hukum di kawasan PLBN maupun di Negara tetangga yang berhadapan langsung dengan kita bisa dilakukan upaya semaksimal mungkin dalam rangka keamanan bersama kedua negara.
 
“Artinyanya diantara Indonesia dan Malaysia terutama di dalam sisi internal Indonesia baik unsur keamanan dari TNI maupun Polri,bisa tercipta suatu sinergitas yang baik di dalam pengamanan area PLBN maupun di luar kawasan PLBN,” jelasnya.
 
Selama pandemi terjadi penurunan sekitar 80%, Artinya kita hanya melayani pelintas batas WNI yang kembali dari Malaysia, sedangkan WNI yang akan berangkat ke Malaysia sudah tidak bisa lagi, karena Malaysia sudah melakukan lockdown, jadi untuk pelintas batas atau warga negara Indonesia dari Malaysia masih tetap ada namun terjadi penurunan sekitar 80% jadi tersisa sekitar 20% saja dari WNI yang pulang dari Malaysia.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya