» » » Satbinmas Polres Sanggau Lakukan Koordinasi bersama Tokoh Agama Islam dan Pengurus Masjid

Satbinmas Polres Sanggau Lakukan Koordinasi bersama Tokoh Agama Islam dan Pengurus Masjid

Penulis By on Kamis, 08 Juli 2021 | No comments


Polres Sanggau - Satbinmas Polres Sanggau melaksanakan kegiatan koordinasi dengan tokoh agama dan para pengurus masjid terkait penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Ibadah pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M serta pemotongan hewan kurban sesuai surat edaran menteri agama republik Indonesia nomor 15 tahun 2021, Kamis (8/7).
 
Adapun tokoh yang di kunjungi yakni Ustadz H. Gundar selaku Tokoh NU dan Pengurus Masjid Agung Al Mu'awanah Sanggau, Ustadz H. Ade Juandi, selaku Ketua PP Muhammadiyah Kabupaten Sanggau dan Sdr.  Khotib selaku pengurus Masjid Nurul Iman Sanggau.
 
Dalam koordinasi tersebut Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Priyono diwakili oleh Ps. Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Sanggau Aiptu Suharto menyampaikan himbauan sebagaimana Surat Edaran Menteri Agama RI no 15 tahun 2021 terkait pelaksanaan Ibadah pada Hari Raya Idul Adha 1442 H serta penyembelihan hewan qurban.
 
“Sesuai surat Edaran Menteri Agama RI, pada wilayah zona merah dan Orange agr meniadakan kegiatan ibadah di Masjid atau Mudalah, Namun dilaksanakan di rumah masing-masing sedangkan Pada wilayah zona kuning dan hijau, agar tidak melaksanakan kegiatan Takbir keliling, Takbir dapat dilaksanakan di Masjid atau Mushala dengan kapisitas maksimal 10%,” ucapnya.
 
Aiptu Suharto juga mengatakan untuk Ibadah shalat Id dapat dilaksanakan di Masjid atau Mushala dengan kapasitas maksimal 50% dengan penerapan Prokes secara ketat.
 
“Untuk Penyembelihan hewan Qurban agar dilaksanakan oleh panitia dan hanya disaksikan oleh orang yang berqurban dengan prokes ketat. Sedangkan pembagian daging qurban agar diantar langsung ke rumah warga,” tambahnya.
 
Atas himbauan tersebut para Tokoh Agama dan pengurus Masjid sangat setuju dan akan mengikuti Surat Edaran Menteri Agama RI no 15 tahun 2021 tersebut.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya