» » » Pengecekan Perkembangan Situasi Ketinggian Air Diwilayah Desa Belungai Dalam dan Desa Sansat Toba

Pengecekan Perkembangan Situasi Ketinggian Air Diwilayah Desa Belungai Dalam dan Desa Sansat Toba

Penulis By on Minggu, 07 November 2021 | No comments


Polres Sanggau - Pada Minggu (7/11) sekira Pukul 14.30 s/d 16.00 Wib, telah dilakukan pengecekan perkembangan situasi ketinggian air di Desa Belungai Dalam dan Desa Sansat, Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Camat Toba Adi Susanto, Kapolsek Toba Ipda Marianus, Danramil Toba Serka Ilham, Kepala Puskesmas Kecamatan Toba dr. Charles Christian, Ketua DAD Kecamatan Toba Antonius Sukamto dan Kades Belungai Dalam Masrandi.

Pelaksanaan kegiatan peninjauan perkembangan situasi banjir diwilayah Desa Belungai Dalam dan Desa Sansat tersebut menggunakan Jalur air / transportasi air mengingat akses jalan darat tidak dapat dilalui.

Kapolsek Toba menjelaskan, berdasarkan pantauan dilokasi 2 (desa) tersebut Ketinggian air cenderung tetap dengan ketinggian berkisar antara 80 s/d 100 Meter (tempat / titik tertentu mencapai 1 Meter).


“Masyarakat yang terdampak banjir bertahan dirumah kediaman masing-masing dalam hal ini membeli kebutuhan pangan / makanan menggunakan Transportasi air kewilayah Kecamatan Tayan Hilir,” ucapnya.

Ipda Marianus menambahkan pada saat kegiatan, kami menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar selalu waspada mengantisipasi bertambahnya ketinggian air, selalu intens mengawasi anak-anak guna menghindari terjadinya laka air.

“Kegiatan yang kami dilaksanakan merupakan pengecekan perkembangan debet air diwilayah Desa Belungai Dalam dan Desa Sansat Kecamatan Toba. Mengingat Intensitas Curah hujan yang semakin meningkat dimungkinkan ketinggian air akan terus bertambah,” ujar Kapolsek.

Dampak dari banjir di dua Desa tersebut menghambat aktifitas keseharian masyarakat, beberapa fasilitas umum terendam, dimungkinkan berdampak kekesehatan masyarakat. Perlu dilakukan langkah-langkah dan kordinasi terhadap pihak-pihak yang berkompeten guna membantu masyarakat yang terdampak.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya