» » » Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 di Kecamatan Entikong

Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 di Kecamatan Entikong

Penulis By on Selasa, 08 Maret 2022 | No comments


Polres Sanggau - Polsek Entikong Jajaran Polres Sanggau Polda Kalbar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Kewilayahan Bina Karuna Kapuas 2022 yang dilakasanakan di Lapangan Mapolsek Entikong pada Selasa (8/3) pagi.

Kegiatan Apel dipimpin langsung oleh Kapolsek Entikong AKP Sapja selaku Padal di Wilayah hukum Polsek Entikong serta dihadiri Camat Entikong diwakili oleh Sekcam Entikong Agustinus, Danramil Entikong Mayor Arm. Duloh, Kacabjari Entikong diwakili oleh Mochamad Indra Safwatulloh, SH, Kasi Trantib Tono, Personil Koramil Entikong, Personil Polsek Entikong, Pimpinan PT. BKP Entikong diwakili oleh Robertus, Securty PT. BKP Entikong dan Ketua TBBR Kecamatan Entikong Sdr. Hermin.

Dalam arahannya, Kapolsek Entikong mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas tahun 2022 ini untuk mencegah terjadinya karhutla di wilkum Kecamatan Entikong.

Kapolsek juga mengungkapkan bahwa Pelaksanaan Ops Bina Karuna Kapuas tahun 2022 di Kecamatan Entikong sudah siap dilaksanakan.

“Mengingat Kalimantan Barat termasuk salah satu Provinsi yang rawan kebakaran hutan, upaya penanggulangan karhutla dapat dilakukan dengan upaya preemtif antara lain: pemetaan hotspot, deteksi dini, melakukan himbauan, melakukan sosialisasi kepada pihak perusahaan dan masyarakat agar tidak terjadinya karhutla,” ucapnya.


“Penegakan hukum hendaknya menjadi upaya terakhir kita untuk melakukan penanggulangan karhutla dengan mendatangi Tkp, melakukan kegiatan Lidik, sidik, saksi ahli, gelar perkara dan menyerahkan berkas dan barang vukti serta tersangka ke jaksa penuntut umum,” tambah Kapolsek.

Apel Pelaksanaan Apel Gelar pasukan Ops Bina karuna Kapuas tahun 2022 di Kecamatan Entikong dalam rangka  pengecekan kondisi Sarana dan sarana Prasarana yang nantinya untuk digunakan dalam penanganan dan penanggulangan Karhutla di Kecamatan Entikong, sehingga diharapkan sewaktu-waktu sarpras tersebut akan digunakan dalam kondisi siap pakai tidak ada kendala.

“Apabila diketahui adatitik api diwilayah Kecamatan Entikong tim yang telah ditunjuk berdasarkan sprin selalu siap turun kelapangan untuk mengecek dilokasi dan memastikan bahwa api benar benar mati dan aman. Kesiapan dan kemampuan personil Polsek Entikong agar selalu siap menuju kelokasi apabila terjadi Karhutla diwilayah Kecamatan Entikong dengan melakukan identifikasi lapangan dan berkoordinasi dengan kades dan pemangku adat setempat.

“Dalam hal penegakan hukum Polsek Entikong akan mengacu kepada Perbup dan Pergub. Untuk itu saya perintahkan kepada para Babinkamtibmas bersama Sabhara lakukan kegiatan sosialisasi dan himbauan serta patroli karhutla pada temptat / daetah rawan karhutla, serta melakukan meping dan pendataan warga masyarakat yang akan melakukan bakar lahan dan ladang untuk melapor secara berjenjang.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya