» » » Satlantas Polres Sanggau Lakukan Blue Light Patrol di Lokasi Rawan

Satlantas Polres Sanggau Lakukan Blue Light Patrol di Lokasi Rawan

Penulis By on Minggu, 23 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sanggau melaksanakan kegiatan Blue Light Patrol (BLP) pada malam hari di lokasi rawan kecelakaan. Patroli ini juga dilakukan untuk memastikan keadaan jalan tidak macet.

“Setiap malam Anggota kami selalu melakukan Blue Light Patrol di lokasi rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” jelas Kasat Lantas Polres Sanggau Iptu Yunita Pusita Sari, S.TR.K, S.I.K, Minggu (23/10).

Iptu Yunita juga menjelaskan, kegiatan BLP itu biasanya dimulai sejak pukul 21.00 WIB sampai dengan selesai. “Ada beberapa titik daerah rawan kemacetan dan kecelakaan lalulintas di Sanggau. Adapun titik lokasi itu yaitu berada Jl. Jend Ahmad Yani (Simpang Kodim dan Simpang Meteor) serta di Jl. Jend Sudirman (Simpang 4 Lampu Merah BRI),” ujarnya.

Kasatlantas juga menjelaskan, tujuan dilakukan kegiatan BLP secara rutin ini juga berguna dalam menciptakan kamseltibcar lantas atau keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Cara bertindak (CB) yang dilakukan oleh petugas kami yakni melakukan pengaturan di lokasi rawan kecelakaan,” ujarnya.


Pengaturan itu dilakukan dengan menggunakan APIL serta posisi lampu mobil patroli menyala. Ia berharap, dengan rutin dilakukan Blue Light Patrol (BLP) tersebut dapat membuat situasi kamseltibcar lantas di seluruh wilayah hukum Polres Sanggau semakin kondusif. Serta para pengemudi yang melintas dapat menjadi semakin waspada dan berhati-hati saat melintas di lokasi rawan terjadinya kecelakaan tersebut.

“Apalagi di waktu malam hari harus lebih jeli dalam berkendara. Bila mengantuk dalam berkendara usahakan beristirahat sejenak di tempat yang aman, hal itu dilakukan agar menghindari terjadinya kecelakaan di jalan,” terang Iptu Yunita.

Ia berharap dengan kian seringnya polisi hadir di masyarakat, maka diharapkan dapat menekan tindak kriminalitas yang terjadi.

“Sebab pelaku kejahatan bisa saja mengurungkan niatnya untuk melakukan kejahatan begitu bertemu dengan anggota kepolisian yang sedang patroli. Dengan demikian akan tercipta kondisi yang aman dan kondusif di Kabupaten Sanggau,” tukas Kasatlantas Polres Sanggau Iptu Yunita.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya