» » » Kapolres Sanggau Bersama Dandim 1204 Sanggau Kunjungi Polsek Tayan Hulu

Kapolres Sanggau Bersama Dandim 1204 Sanggau Kunjungi Polsek Tayan Hulu

Penulis By on Rabu, 01 Februari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K bersama Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yuda Pratama serta didampingi Kabagops Kompol Ida Bagus Gde Sinung, SH, MH, Kasat Intelkam Iptu Suhartoto dan Kasi Propam Iptu Rukmana melaksanakan Kunjungan Kerja ke Mapolsek Tayan Hulu.

Dalam kunjungannya ke Mapolsek Tayan Hulu, Kapolres Sanggau bersama rombongan disambut langsung oleh Kapolsek Tayan Hulu Iptu Robin Talib, S. Tr. K beserta seluruh anggota, Anggota TNI/ Koramil Tayan Hulu, Tomas, Todat, Toga, Toda dan Para kepala Desa.

Selanjutnya Kapolres Sanggau beserta Dandim 1204 memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Polsek Tayan Hulu dan anggota TNI/Koramil Tayan Hulu yang dilaksanakan di ruang Pertemuan Mapolsek Tayan Hulu.

Dalam arahannya Kapolres Sanggau meminta kepada rekan-rekan sudah mengetahui permasalahan internal kita bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap organisasi polri turun drastis, agar citra Polri terus ditingkatkan dimanapun kita bertugas.

“Jangan sampai ada Pelanggaran dan kesalahan sekecil apapun yang dapat menurunkan citra Polri di Masyarakat, saling mengingatkan satu sama lain, jika ada tahanan tingkatkan keamanan mako jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan kesatuan,” pesannya.

AKBP Suparno menambahkan, karena tingkat kepercayaan masyarakat kepada kita menurun maka dalam pelaksanaan tugas agar Polri hadir ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan program 9 Quick Win Polri.

“Tetap Laksanakan Strong point setiap pelajar masuk dan pulang Sekolah serta di tempat yang ramai kegiatan masyarakat, agar tercipta rasa aman kepada masyarakat,” pintanya.

“Sinergitas antara Polri dan TNI agar tetap dijaga dan tetap solid serta harus kompak di tingkat Polsek maupun Polres,” tambah Kapolres Sanggau.

Kapolres Sanggau juga menyampaikan bahwa pelanggaran dan kejadian laka lantas di Kabupaten Sanggau ini sangat tinggi, kendala polri adalah tidak bisa menilang secara langsung. Untuk itu saya minta kepada Babhinktimbmas terus lakukan sosialisasi di Desa binaan dan sekolah, serta lakukan penindakan terhadap para pelanggar.

Kesiapan Pemilu agar Polri dan TNI/Koramil bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di setiap wilayahnya. Mapping kerawanan Pemilu, Profiling setiap wilayah yang rawan Kamtibmas menjelang Pemilu tahun 2024.

“Polri dan TNI sebagai mode role dari Masyarakat dan harus kita jaga bersama,” tukasnya.

Sementara Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yuda Pratama dalam arahannya meminta kepada anggota agar tetap Jaga kesehatan dalam pelaksanan tugas serta tingkatkan Sinergitas TNI dan polri, dijaga dengan baik dan saling membantu dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Jaga dan laksanakan setiap kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” pesannya.

“Cek Ranmor anggota pada saat bertugas karena ranmor sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas di lapangan serta tetap Jaga Marwah daripada pimpinan kita,” tukasnnya.


Kemudian acara dilanjutkan dengan Sesi tanya jawab dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Kepala Desa.

Dalam kesempatan tersebut Kades Sosok Sdr. Petrus Wandi menyampaikan bahwa selama ini kerjasama antara pihak Kepolisian dengan Aparatur Pemerintahan tingkat Kecamatann di Tayan Hulu sudah berjalan dengan baik.

“Saya meminta kepada Kapolres Sanggau agar dapat Kantor Polsek Tayan Hulu dan Kendaraan Mobil Dinas dapat diperbaharui,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih bahwa pihak Polsek Tayan Hulu telah menindaklanjuti keluhan masyarakat pada saat jumat curhat.

Dalam tanggapannya, Kapolres Sanggau mengatakan jalinan kejasama sudah terjalin dengan baik sangat saya apresiapsi, untuk mako secara internal kami akan berkordinasi ke Polda Kalbar.

“Saya akan perjuangkan agar secepatnya dapat dibangun Mako Polsek Tayan Hulu yang baru. Untuk kendaraan nanti akan saya cek dan menjadi catatan kami agar diajukan ke Polda untuk diganti baru,” ucapnya.

Kapolres Sanggau juga menyampaikan terimaksih kepada Polsek Tayan Hulu karena kegiatan Jumat Curhat telah dilakukan dan direalisasikan dengan baik.

“Terus lakukan sinergitas yang baik antara Polsek, Koramil dan Kepala Desa agar mendapat dukungan dalam menegakkan harkamtibmas di wilayah Kecamatan Tayan Hulu,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Binjai sekaligus Ketua DAD Tayan Hulu Sdr. Heriyanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa hukum adat sudah banyak membantu penyelesaian permasalahan, dan berharap agar suatu permasalahan yang sudah diselesaikan secara adat dapat dihargai dengan tidak melanjutkaan permasalahan tersebut ke ranah hukum pidana.

Ia juga meminta bantuan Polri untuk memberantas peredaran Narkoba terutama di Desa Binjai karena sangat meresahkan.

Heriyanto juga menyampaikan bahwa sinergitas di Kecamatan Tayan Hulu sudah terlaksana dengan baik. “Kami sangat mendukung penuh pelaksanaan tugas Kepolisian,” tukasnnya.

Dalam Tanggapannya, Kapolres Sanggau mengatakan bahwa sebenarnya RJ ini sudah ada dari tahun 2010 namun masih susah diterapkan, dan saat ini RJ sudah ada payung hukumnya, jadi dapat mempermudah proses penerapannya, silahkan laksankan kearifan lokal disini sesuai ketentuan prosedur yang berlaku.

“Untuk Bhabinkamtibmas segera laksanakan penyuluhan Narkoba melalui DDS, lakukan kerjasama dengan setiap instansi dalam penegakan Hukum terhadap narkoba serta jangan ragu untuk melaporkan apabila mendapat informasi tentang Narkoba,” tukas AKBP Suparno.

Bahwa Kunjungan kerja Kapolres Sanggau bersama Rombongan tersebut merupakan program kerja Kapolres Sanggau guna melakukan Pengawasan, Pembinaan dan Silaturahmi kepada seluruh anggota Polsek dan kunjungan kerja yang pertama kalinya di setiap Polsek yang tercakup didalam Wilkum Polres Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya