» » » Polres Sanggau Gelar Jumat Curhat bersama POM Sanggau

Polres Sanggau Gelar Jumat Curhat bersama POM Sanggau

Penulis By on Jumat, 24 Februari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K menggelar kegiatan Jumat Curhat bersama Ormas POM Sanggau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Warkop A1, Jln. A. Yani Kelurahan Ilir Kota Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kabagops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, SH, MH, Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Sukiswandi, Kasat Intelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto, Ketua Ormas DPD POM Kabupaten Sanggau Edi Sofian, Sekjen Ormas DPD POM Kabupaten Sanggau Ade Sayipudin, Ketua Ormas POM DPC Kapuas Agus Sudarto beserta anggota Ormas POM.

Mengawali sambutannya Kapolres Sanggau mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Ormas POM Sanggau yang telah bersedia menghadiri undangan.

“Kegiatan Jumat Curhat merupakan media silahturahmi untuk menerima saran, masukkan, kritikan, dukungan dan kerjasama dari masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan di wilayah Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Kapolres Sanggau Memperkenalkan diri (Nama dan Riwayat Penugasan) dan berharap dengan adanya kegiatan silahturahmi, Polres Sanggau mendapat outcome informasi yang bermanfaat sehingga Kamtibmas Kabupaten Sanggau selalu berjalan dengan aman dan kondusif.

Sementara Ketua Ormas DPD POM Kabupaten Sanggau Edi Sofian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Sanggau yang telah menerima silahturahmi POM Kabupaten Sanggau.

Ia mengatakan bahwa POM Kabupaten Sanggau menyambut baik kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Polres Sanggau.

“POM Kabupaten Sanggau telah berdiri sekitar 6 Tahun dan keberadaanya telah ada di 11 Kecamatan Kabupaten Sanggau. Terbentuknya Ormas POM dengan tujuan mengangkat marwah serta melestarikan seni budaya Melayu sehingga diharapkan tidak punah,” katanya.

Edi juga mengatakan bahwa POM mempunyai tugas mengawal dan mengamankan kegiatan safari dakwah yang dilakukan oleh para Ulama.

“Informasi terkait pelaksanaan Milad POM se-Indonesia yang akan digelar di Auditorium Untan Pontianak pada hari Minggu tanggal 26 Februari 2023, sehubungan dengan hal tersebut sebanyak sekitar 70 orang POM Sanggau akan melakukan keberangkatan ke Pontianak,” ucapnya.

“Kami POM Kabupaten Sanggau siap bersinergi dan berkerjasama dengan Polres Sanggau dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Sanggau,” tutup Edi Sofian.

Dalam kegiatan jumat Curhat tersebut, Sekjen Ormas DPD POM Kabupaten Sanggau Ade Sayipudin menceritakan riwayat terbentuknya Ormas POM serta menyampaikan visi, misi dan proogram kerja Ormas POM Tahun 2023.

Dirinya juga menyampaikan informasi rencana kegiatan Musda sekaligus Milad ke-6 POM Kabupaten Sanggau, rencana kegiatan pawai obor dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan serta menyampaikan terkait permasalahan Ahmadiyah di Kabupaten Sanggau.


Kapolres Sanggau dalam tanggapannya menyebutkan bahwa Polres Sanggau mendukung visi, misi dan program kerja POM Kabupaten Sanggau.

“Polres Sanggau siap bersinergi, berkolaborasi dan berkoordinasi bersama POM Kabupaten Sanggau khususnya dibidang Kamtibmas,” ungkapnya.

“Terkait dengan keberadaan Ahmadiyah, Ini juga menjadi fokus Polres Sanggau, kami telah melakukan mapping dan monitoring terhadap kelompok tersebut,” sambungnya.

“Silahkan lakukan musyawarah/diskusi perbedaan akidah bersama Ahmadiyah dengan tetap menggunakan hati yang dingin, agar diharapkan kelompok tersebut dapat kembali ke ajaran Islam yang sesungguhnya,” tambah AKBP Suparno.

Ia juga menyampaikan himbauan Kamtibmas agar kejadian Ahmadiyah di Kabupaten Sintang tidak terjadi di Kabupaten Sanggau.

Kapolres Sanggau meminta agar DPD POM Kabupaten Sanggau ikut andil dalam mensosialisasikan larangan pengunaan Narkoba dan tata tertib berlalulintas sampai ke tingkat DPC POM kewilayahan.

“Saya minta kepada POM Sanggau agar tidak sungkan dalam memberikan informasi terkait peredaraan Narkotika di Kabupaten Sanggau,” pintanya.

AKBP Suparno juga menyampaikan prestasi Polres Sanggau dalam pengungkapan 8 Kg Narkoba di wilayah Perbatasan.

Sementara Tanggapan Ketua Ormas DPD POM Kabupaten Sanggau mengatakan bahwa POM Kabupaten Sanggau telah mengkampanyekan perang melawan Narkoba disetiap giat pertemuan.

“Kami memohon kepada Polres Sanggau untuk mejaga kerahasian indentitas jika memberikan informasi peredaraan Narkotika di Kabupaten Sanggau,” pintanya.

Edi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Sanggau yang telah memberikan masukan dan hasil giat yang dilaksanakan pada hari ini (Jumat Curhat) akan diteruskan ke pengurus DPC kewilayahan.

Kegiatan dilaksanakan sebagai media bagi Polri untuk menerima informasi berbagai persoalan, keluhan, saran, masukkan dan kritik Kamtibmas untuk ditindaklanjuti guna mewujudkan Transformasi Polri yang Presisi.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya