» » » Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Dusun di Kecamatan Balai Sanggau Terendam Banjir

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Dusun di Kecamatan Balai Sanggau Terendam Banjir

Penulis By on Rabu, 24 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Sejumlah Dusun di Desa Hilir, Kecamatan Balai (Batang Tarang), Kabupaten Sanggau, terendam banjir dengan ketinggian mencapai 100 cm akibat Hujan deras, Rabu 24 Mei 2023 pagi.

Adapun wilayah yang terkena banjir di Kecamatan Balai (Batang Tarang) yaitu Dusun Hulu, Dusun Melaban, Dusun Sembatu dan Dusun Hulu.

“Banjir diakibatkan tingginya curah hujan yang terjadi sepanjang tadi malam, yang mengakibatkan Sungai Sembatu dan Sungai Beruak mengalami peningkatan debit air dan kedua aliran sungai tersebut mengalami luapan,” kata Kapolsek Balai Iptu Sutono.

Kapolsek mengatakan, dari pukul 04.30 WIB sampai pukul 08.30 WIB, debit air terus naik hingga mencapai antara 100 cm sampai 200 cm yang mengenangi pemukiman warga khususnya yang bermukim di sekitar bantaran sungai.

“Dampak dari banjir tersebut ada beberapa fasilitas masyarakat umum dan pemerintah yang terendam banjir yaitu, Gedung SDN 02 Balai, Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan Balai, Gedung TK Dharma Asih, Rumah Dinas Polsek Batang Tarang, Perumahan Dinas Guru,” jelasnya.

Sementara untuk akses jalan menuju pasar Batang Tarang tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor dan aktivitas warga menjadi terganggu.

Sedangkan untuk korban jiwa nihil, serta kerugian materi belum didatakan dan jumlah warga KK yang terdampak Banjir masih didatakan oleh Pemdes Desa Hilir.

“Pemukiman penduduk yang paling parah terdampak banjir yaitu masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai yaitu di Dusun Hulu, Dusun Hilir dan Dusun Sembatu,” ucap Kapolsek.

Pihaknya dari Polsek Batang Tarang bersama unsur terkait yaitu Koramil Balai dan Masyarakat telah membantu warga masyarakat untuk mengungsi dari daerah yang terdampak banjir untuk di evakuasi ke tempat/posko dan pengungsian yang sudah disiapkan oleh Pemdes Hilir serta mengungsi di rumah-rumah keluarganya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya