» » » Wakapolsek Meliau pimpin Kegiatan Rapat Koordinasi FKUB Kecamatan Meliau

Wakapolsek Meliau pimpin Kegiatan Rapat Koordinasi FKUB Kecamatan Meliau

Penulis By on Selasa, 16 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Polsek Meliau Jl.Karya Bhakti Desa Meliau Hilir Kecamatan Meliau dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kecamatan Meliau.

Kegiatan dipimpin oleh Wakapolsek Meliau Iptu Trisna Mauludi, didampingi Kasi Ekbang Kecamatan Meliau Samsudin, Bamin Koramil Meliau Serka Mulyono, serta dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Alfonsus Liguori, S.A.B, Ketua FKUB Kecamatan Meliau T. Yakob, Sekretaris FKUB Kecamatyan Meliau Rodi Susianto, Anggota FKUB/Tokoh Agama H. Arjuan dan Pendeta Sudarsono, Wakil Ketua MABT Kecamatan Meliau Hendra Fong dan Anggota Polsek Meliau.

Dalam penyampaiannya, Kasi Ekbang Kecamatan Meliau, menyampaikan Selamat datang kepada peserta rapat koordinasi pada pagi hari ini.

“Forkopimcam Meliau (Camat, Kapolsek dan Danramil) selalu bersinergi dengan Tokoh lintas agama dalam menjaga kerukunan umat beragama serta menciptakan Sitkamtibmas yang kondusif di Kecamatan Meliau, kita tetap Solid,” ucapnya.

Samsudin mengatakan bahwa Kegiatan rapat FKUB dapat menjadi bahan evaluasi bagi kita semua dalam menyerap segala bentuk informasi maupun permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Wadah komunikasi kita tidak hanya dengan bertatap muka, tetapi dapat disampaikan juga melalui WA Group yang sudah ada sehingga permasalahan yang akan terjadi / potensi konflik serta saran,masukan dan kritikan dari rekan-rekan semua bisa diketahui oleh anggota FKUB guna kita cari solusi yang terbaik secara bersama-sama,” katanya.

Kerukunan serta keharmonisan hidup beragama masyarakat Kecamatan Meliau sudah sangat baik, perlu untuk kita tingkatkan dan pertahankan yang sudah ada. Saling menghargai perbedaan agama satu sama lainnya dengan berpedoman kepada semangat kebersamaan.

Dirinya meminta Menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, agar seluruh element turut berpartisipasi. Ia juga menyampaikan Rencana kegiatan kunjungan Uskup Paroki Katedral Sanggau di Kecamatan Meliau. Serta Pembuatan proposal untuk dukgar operasional FKUB, melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ke Desa-desa.

Wakapolsek Meliau Iptu Trisna Mauludi dalam kesempatan tersebut menyampaikan permohonan maaf, ketidak hadiran Kapolsek Meliau dalam pelaksanaan kegiatan rapat FKUB karena saat sekarang mengikuti kegiatan rapat di Polres Sanggau terkait Kunker Kapolda Kalbar di Polres Sanggau.

“Beberapa waktu yang lalu pelaksanaan malam takbiran menyambut perayaan idul fitri 1444 H, sudah terselenggara dengan baik dan dibantu oleh beberapa ormas berbagai elemetn, hal ini menunjukan harominisasi dan kerukukan umat beragama di Kecamatan Meliau sudah terjaga dan terjalin dengan sangat baik,” ungkapnya.

Wakapolsek menambahkan bahwa kerukunan umat beragama dan harmonisasi perlu terus kita pertahankan. Apabila terdapat permasalahan-permasalahan di masyarakat segera kita tindak lanjuti, masalah besar kita kecil kan, masalah kecil kita hilangkan yang bertujuan untuk menjaga, memelihara dan merawat sitkamtibmas yang kondusif. Bila terdapat kesalahan mari kita saling mengoreksi dan saling mengingatkan.

“Dilaksanakannya kegiatan rapat sebagai evaluasi bersama dalam memberi dan bertukar informasi yang bertujuan untuk melihat gambaran kehidupan sosial, permasalahan serta potensi konflik dimasyarakat Kecamatan Meliau,” terangnya.

Iptu Trisna menjelaskan bahwa Polsek Meliau siap mendukung program kerja dan pelaksanaan kegiatan FKUB Kecamatan Meliau. Peran aktif masyarakat yang memiliki kemampuan dalam kegiatan Baksos serta Bansos.

“Saya mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut serta dalam memerangi Narkoba, Polsek Meliau tidak akan maksimal dalam bekerja tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Pergunakan Medsos yang baik dan benar, serta bijak dalam menerima segala bentuk informasi melalui Medos dan jangan terpengaruh dengan berita hoaks,” pungkasnya.

Sementara Danramil Meliau diwakili Serka Mulyono menyampaikan permohonan maaf dari Danramil Meliau yang tidak bisa hadir dalam rapat pada hari ini, karena masih ada kegiatan di Kodim Sanggau.

Dirinya mengatakan bahwa kegiatan rakor FKUB sangat baik, sehingga perlu terus kita laksanakan.

“Pergunakan Medsos dengan baik dan benar, jangan mudah percaya berita hoaks. Mari sama-sama kita jaga kekompakan dan keharmonisan serta menciptakan situasi yang kondusif, kerukunan umat beragama di Kecatan Meliau,” ajaknya.

Ketua FKUB T. Yakob mengucapkan Terima kasih kepada Forkopimcam Meliau yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan FKUB.

“Keterbatasan anggaran menjadi salah satu faktor kurang maksimalnya FKUB meliau dalam melaksanakan peranannya. FKUB tidak bisa bekerja tanpa di dukung oleh Forkopimcam Meliau serta pihak-pihak lainnya,” ucapnya.

Kegiatan pertemuan FKUB merupakan kegiatan rutin setiap 2 bulan, sebagai evaluasi serta perencanaan dalam kegiatan FKUB kedepan.

“Adapun wacana FKUB ke depan yaitu melaksanakan kunjungan-kunjungan ke tempat-tempat ibadah seperti Muslim, Nasrani maupun agama lainnya, hal ini menunjukan kekompakan, keharmonisan, kerukunan dan toleransi umat beragama di Kecamatan Meliau,” jelasnya.

Ia meminta Memasuki tahun politik, agar kita selalu kompak, jangan sampai terpengaruh dengan isu yang bisa muncul, apabila muncul mari kita redam bersama.

Terkait dengan Proposal usulan anggaran, akan kita kirimkan ke Kantor Kesbangpol Kab.Sanggau, anggaran tersebut alan digunakan dalam operasional FKUB yaitu melaksanakan kegiatan Sosialisasi ke Desa-desa.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Sanggau dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forkopimcam Meliau yang sudah melaksanakan kegiatan Rakor FKUB pada hari ini. Kegiatan rakor FKUB sangat baik, sehingga perlu terus dilaksanakan.

“Terkait dengan kegiatan-kegiatan masyarakat di tahun politik, hindari isu yang bisa mengarahkan kepada Politik Identitas, hal tersebut bisa memecah belah persatuan maupun kerukunan umat beragama, mari berpolitik dengan baik dan sehat,” pesannya.

Alfonsus Liguori juga meminta untuk Saling menghargai, ciptakan situasi yang aman dan kondusif diwilayah Kecamatan Meliau serta toleransi umat beragama di Kecamatan Meliau perlu terus dijaga dan dipertahankan.

“Jangan mudah terpengaruh dengan isu dan berita hoak yang beredar, mari pergunakan Medsos dengan baik dan benar,” tukasnya.

Dilaksanakannya rapat koordinasi FKUB Kecamatan Meliau sebagai evaluasi bersama dalam memberi serta menyerap informasi yang bertujuan untuk melihat gambaran kehidupan sosial, permasalahan serta potensi konflik dimasyarakat sehingga dapat terciptanya kerukunan umat beragama di Kecamatan Meliau.

Rapat FKUB Kecamatan Meliau merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 2 bulan, adapun hasil pelaksanaan rapat menjadi bahan dalam menyusun rencana kegiatan serta program kerja FKUB Kecamatan Meliau ke depan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya