» » » Wakapolres Sanggau pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Di Wilkum Polres Sanggau

Wakapolres Sanggau pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Di Wilkum Polres Sanggau

Penulis By on Senin, 12 Februari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Dalam Rangka Ops “Mantap Brata Kapuas 2024” di Wilayah Hukum Polres Sanggau yang dilaksanakan di Halaman Maporles Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Bertindak selaku Inspektur Apel Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Perwira Apel Kasubbag Bin Ops Polres Sanggau AKP Sumarda'i, Komandan Apel Ps. Pa Siaga Dal Ops Bag Ops Polres Sanggau Iptu Suharyanto, SH.

Kegiatan Apel Dihadiri Oleh PJU Polres Sanggau, Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kapten Inf M. Yunus, Sub Den Pom XII/1-2 Sanggau Kapten (Cpm) Santoso, Ka Rutan Cabang Sanggau Donni Isa Dermawan, A. Md.I.P, SH, M. Si Ketua KPU Kabupaten Sanggau Iis Supianto, Ketua Bawaslu Kabupaten sanggau septiana ika kristia, S. Sos., Danki Brimob Polda Kalbar, Kabid Gakkum Sat Pol PP Sanggau Wendi dan diikuti oleh Perwira Staf, Personil Satuan Brimob Polda Kalbar, Personil Polres Sanggau yang Terlibat Pengamanan TPS serta Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Sanggau.

Dalam amanatnya Wakaporles Sanggau mengatakan Waktu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia serta Pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota di seluruh Indonesia telah berada dihadapan kita bersama yaitu di Tanggal 14 Februari 2024 nanti, untuk itu perlu kesiapan yang maksimal guna mengamankan jalannya pemungutan suara yang tertib, lancar dan damai di wilayah Kab. Sanggau yang kita cintai ini.

Hari ini Polres Sanggau melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan untuk seluruh Personil yang telah siap melaksanakan pengamanan TPS Di seluruh wilayah Kabupaten Sanggau. Polres Sanggau telah menyiapkan 460 Personil dalam Tahap Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara pada Pemilu Tahun 2024 yang terbagi menjadi tiga bagian diantaranta 27 Personil dari Unsur Pimpinan terdiri Para Kasatgas dan Para Kapolsek Jajaran serta Perwira Pengendali di masing-masing Daerah Pemilihan, 258 Personil Pengamanan TPS di Seluruh 15 Kecamatan Kabupaten Sanggau dan 175 Personil POH (Power On Hand) yang terbagi pada Pengamanan Kantor KPU, Gudang Logistik Pemilu, Kantor Bawaslu serta Pasukan Dalmas Siaga dan Para Babinkamtibmas yang Bertugas di seluruh Wilayah Kabupaten Sanggau serta 30 Personil Sat Brimob Polda Kalbar yang Disiagakan di Pos Lantas Simpang Tanjung Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau.

“Untuk terciptanya Harkamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau dalam Pemilu Tahun 2024, Tentunya Polri tidak bekerja sendiri, Polri bekerja sama dan Bersinergi dengan Berbagai unsur Pengamanan lainnya dari unsur TNI, Satpol PP, Petugas Ketertiban dan seluruh pihak yang turut serta mensukseskan jalannya Pemilu Tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Sanggau,” ucap Wakapolres Sanggau.


“Bagi Personil yang akan melaksanakan Pengamanan di TPS, Saya minta setelah Apel Pergeseran Pasukan ini rekan-rekan pastikan kembali Logistik Pemilu di Wilayah Tugasnya dalam keadaan aman dan lengkap serta siap untuk digunakan pada hari Pemungutan Suara nanti. Jika ada kekurangan segera Koordinasikan dengan Pihak Penyelenggara Pemungutan Suara di Wilayah tugasnya,” sambungnya.

Kompol Yafet juga mengingatkan kepada petugas Pengamanan TPS tetap jaga kesehatan, siapkan Mental, Jaga Keamanan diri dan rekan tugasnya ketika dilapangan nanti karena rekan-rekanlah yang menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan tugas Pengamanan TPS hingga di berbagai pelosok Desa yang terjauh di Wilayah Kabupaten Sanggau.

“Laksanakan tugas dengan Ikhlas dan penuh Rasa Tanggung Jawab, Jadikan sebagai ladang ibadah untuk meraih pahala, pahami dan kuasai Prosedur Pengamanan, Disiplin dalam pelaksanaan tugas dan Berkoordinasi sebaik-baiknya dengan Unsur Pengamanan lainnya secara maksimal guna memberikan yang terbaik bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara,” pesannya.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan serta Kelancaran dan memberikan BalasanTerbaik atas Jerih Payah, Perjuangan dan Ketulusan rekan-rekan dalam pelaksanaan tugas Pengamanan TPS pada Pemilu 2024, Aamiin Ya Robbal ‘alamin,” tutup Kompol Yafet dalam Amanatnya.

Kegiatan Dilanjutkan dengan Pengecekan Pasukan dan Perlengkapan Personil Pengamanan TPS Yang Meliputi Gampol Personil, Sikap Tampang, Tas Ransel Yang Berisikan (Buku Saku, Mantel, Senter, Pakaian PDL II Two Tone, Kaos Dalam, Kaos Kaki, Sepatu Pdldan Alat Tulis Dan Kelengkapan Pribadi Lainnya).

Kegiatan Apel Pergeseran Pasukan Dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam Pengamanan TPS Dalam Rangka Ops “Mantap Brata Kapuas 2024” Di Wilayah Hukum Polres Sanggau demi terciptanya Pemilu yang aman, tertib, lancar, dan damai.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya